VCD NATO di-Sweeping

BATURAJA, SRIPO - Video compact disk (VCD) lagu Pemilukada NATO KUAT yang diputar pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Lama dan Bawah Baturaja, tiba-tiba tak bisa lagi diputar bebas. Diduga oknum Pol-PP Kabupaten OKU melarang keras PKL untuk memutar VCD tersebut.

Hal ini diungkapkan PKL yang menjadi simpatisan Nasir Agun. “PKL yang memutar VCD NATO KUAT di-sweeping Pol PP. Bila kami tetap memutar VCD akan diambil dan kami tidak boleh lagi berjualan,” kata ujar seorang PKL yang namanya minta dirahasiakan.

Akibat ancaman itu, sesama pedagang takut memutar VCD NATO KUAT. Padahal sebelum VCD tersebut beredar luas dimasyarakat, dia selalu memutarnya. Demikian juga bila ada pembeli kaset yang menanyakan VCD NATO KUAT, pedagang tak ragu-ragu lagi memberikannya. VCD itu

memang dibagikan gratis untuk simpatisan, pendukung dan rakyat OKU yang menginginkannya.
Pengalaman yang sama dirasakan Edy (nama samaran). Ketika lapaknya tempat berdagang sedang memutar VCD NATO KUAT, beberapa oknum Pol-PP menghampiri dan langsung minta lagu-lagu NATO KUAT yang sedang diputar dimatikan.

Merasa sebagai rakyat kecil dan takut kehilangan mata pencaharian, terpaksa Edy menuruti perintah oknum Pol-PP tersebut. “Mereka kan (oknum Pol-PP, Red) cuma anak buah dan sekedar

menjalankan perintah. Kami juga disini hanya sebagai pedagang kecil. Namun hak suara atau kami mau bersimpati kepada calon siapa saja menjelang pemilihan bupati jangan diintimidasi,” katanya.

Sementara itu, salah seorang Tim Pemenangan NATO KUAT dari lintas partai politik H Malkomar Du’i SH mengatakan, VCD tersebut punya izinnya dan tidak diperjualbelikan. Kalau pun PKL sebagai simpatisan NATO KUAT mau memutarnya, itu merupakan apresiasi pedagang yang mencintai calon pemimpinnya.

Pol-PP tidak bisa bertindak arogan. VCD itu ada izin perilisannya, lagi pula dibagikan gratis. Kalau Pol-PP mau putar VCD calon lain silahkan saja, dan saya serta seluruh simpatisan NATO KUAT tidak akan keberatan mendengar lagu-lagu dari calon lain kalau ada,” katanya.

Malkomar menghimbau PKL yang bersimpati dengan NATO bila ingin memutar VCD tak usah khawatir diintimidasi. Bukan masanya lagi rakyat ditakut-takuti.

Kasat Pol-PP Kabupaten OKU Sawiri Ciknining ketika dikonfirmasi melalui telepon, membantah pihaknya melakukan sweeping terhadap peredaran VCD NATO KUAT. Menurutnya, Pol-PP berdiri diatas semua golongan dan tidak masalah bila pedagang mau memutar VCD lagu Pemilukada NATO. sripo


Like Folder