Deef Freeze (Membekukan Hard Disk)

Mungkin sudah banyak yang tau tentang deepfreeze (DF) yaitu software Block restore yang di ciptakan oleh perusahaan faronics yang bekerja di bidang pembuatan Software. deep freeze di ciptakan untuk menjaga dan mengorganisir files yang ingin di simpan secara permanen, terutama pada Local disk Sytem atau istilah lainnya sebuah program komputer yang dirancang khusus untuk merestore/mengembalikan setingan system operation (OS) anda ketika anda menset/menginstall deepfreze pertama kali di komputer anda, jadi kita mempunyai sebuah OS yg sudah ready, terus OS tersebut kita bekukan (freeze) mungkin semacam dibuat image, nah setelah itu kita pakai dan kita rubah settinganOS tersebut, maka ketika kita merestrat komputer, akan kembali ke settingan pada sat kita mem-freezenya (membekukannya)

Dalam kesempatan ini sekaligus menjawab pertanyaan dari mbak cantik satu ini (Anastasya "tasya" Puspita Sari) salah satu anggota halaman Facebook FOLDER
Cara kerja deep freeze adalah membekukan semua file yang berada computer pada waktu pertama penginstalan program ini. program dapat di ubah hanya pada saat anda menggunakan komputer, bila komputer ke restart maka file yang anda ubah akan kembali ke settingan pertama seperti sebelum di restart.

Cara Pemasangan Deep Freeze:
  1. Yakinkan komputer anda dalam keadaan kondisi yang paling ideal buat anda
  2. Instal Deep Freeze, Pada saat instalasi, yakinkan bahwa yang anda freeze (Bekukan) adalah partisi yang mengandung Windows (biasanya Drive C)
  3. Setelah instalasi , lakukan restart
  4. Setelah restart, anda akan ditanya apakah ingin membuat password atau tidak, sebaiknya buat password untuk memproteksi DeepFreeze
  5. Anda akan melihat ikon bergambar beruang pada taskbar yg menandakan deepfreeze sudah berfungsi

Penggunaan Setelah Instalasi dan Reboot

Ingat: Deepfreeze tidak muncul dalam list program yang diistall Deepfreeze tidak ada pada list add dan remove program Akses terhadap deepfreeze hanya bisa dilakukan dalam dua cara yaitu:
  1. Shitf + Double Click pada Icen Beruang di Task bar

  2. Menekan Ctrl + Alt + Shift + F6 secara bersamaan

Maka akan muncul

Masukan Password dan tekan oke,

kemudian akan muncul

Boot Control adalah bagian yang paling anda perlukan karena disinilah anda dapat mengatur deepfreeze anda.

1.Boot frozen

Boot frozen: apabila anda memilih ini, computer anda akan tetap di freeze setiap kali boot.


2.Boot Thawed on Next

Boot Thawed on Next: computer akan di unfreeze untuk sekian kali restart, klo anda pilih 2 maka selama dua kali restart, program deepfreeze akan di non aktifkan atau di unfreeze. Lebih dari 2, computer anda akan di freeze kembali (akan muncul tanda X pada icon beruang)


3.Boot Thawed

Boot Thawed: apabila memilih ini, setelah computer anda restart, computer anda akan di unfreeze dalam waktu yang tidak terbatas, sampai anda men setting kembali. (akan muncul tanda X pada icon beruang)





Like Folder