FK UMP, Mencegah Chikungunya-DBD

DALAM Dalam rangka Milad seabad Muhammadiyah, Fakultas Kedoteran Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) menggelar seminar dan sosialisasi chikungunya dan DBD, Sabtu (6/2) nanti di Aula Kampus A UMP.

Ketua panitia seminar, dr H Hibsah Ridwan MSc, mengatakan, tema chikungunya dan DBD diangkat karena dua masalah kesehatan itu sering dialami masyarakat Sumsel. Kasus DBD, misalnya, sudah endemik selama 30 tahun terakhir.

Sementara chikungunya yang dulunya terjadi secara sporadis, saat ini mulai endemis pula. “Penyebabnya adalah nyamuk yang menggigit pada siang hari. Untuk itu perlu adanya pencegahan dini terhadap dua penyakit ini, pengenalan nyamuk dan pengedaliannya,” ujar Hibsah, Kamis (4/2).

Seminar mengundang tiga pembicara ahli di bidangnya, yakni Prof dr H Akmal Syakroni SpPD, Prof dr H Chairil Anwar SpPark, dan Dr Harry Santoso MKes. Sementara peserta dari kalangan akademisi dan mahasiswa. Dekan FK UMP, Prof dr KHM Arsyad mengharapkan usai seminar peserta ikut menyosialisasikan pencegahan cikungunya dan DBD kepada masyarakat.

Sementara mahasiswa FK UMP akan ada tugas mandiri untuk melakukan survei di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Laporan akan dibahas untuk ditindaklanjuti,” katanya. "sripo


Like Folder