RSS Terkena Banjir

BATURAJA - Akibat hujan lebat semalam suntuk sebanyak 175 rumah di komplek RSS Sekarjaya dan 86 rumah di komplek RSS Baturaja Permai terendam banjir, Jumat (5/2).

Ketinggian air berkisar antara 50 cm hingga 2,5 M, air mulai pasang sejak pukul 23.00 dan mencapai puncaknya pukul 02.00 Jumat dini hari. Di Kelurahan Ekarjaya tercatat enam blok yang rumahnya terendam banjir dengan ketinggian bervariasi masing-masing di Blok FE, Blok FD, Blok FA, Blok EE, Blok OA dan bolk HA. Air mulai surut sekitar pukul 06.00 pagi, tidak ada korban jiwa dalam musibah musiman ini namun ratusan warga terganggu aktivitas sehari-harinya. Ratusan pelajar tidak dapat sekolah karena seragamnya dan sejumlah buku-buku basah terendam banjir.

Lurah Sekarjaya Kadarisman SAg MSI yang ditemui dilokasi banjir mengatakan, pihaknya sudah mendirikan tiga posko yakni di RT 11, 12 dan 15 mereka juga mendirikan dapur umum karena semua korban bencana banjir yang rumahnya terendam air tidak bisa masak. Banjir musiman ini terjadi karena ada saluran air menuju tempat pelepasan air alurnya berkelok-kelok dan makin ke ujung alur semakin mengecil.

"Pada saat musim hujan tidak mampu menampung debit air yang besar, sehingga meluap dan menggennagi rumah-rumah warga," katanya.

Lokasi tempat pembuangan air tersebut letaknya di ujung Kelurahan Sekarjaya yang berbatasan Desa Tanjungkemala, Desa Banuayu serta Desa Lekis. Pernah dilakukan rapat koordinasi untuk membuat alur baru untuk meluruskan alur yang berkelok-kelok agar arus air menjadi lancar juga ada rencana alur diperlebar . Tetapi terkendala ganti rugi tanah yang akan dilewati alur karana belum ada titik temu masalah ganti rugi tanah dengan pemilik lahan .

Sementara itu di Kelurahan Baturaja Permai air sudah mulai surut sekitar pukul 04.00 , menurut Lurah Baturaja Permai Ferli didampingi Kasi Humas Kelurahan Baturaja Permai Syahroni SP banjir menggenanigi rumah warga di Blok L,T dan Q. Ketua RT 6 Maman Suherman SPdI mengatakan khusus di Blok T semua rumah warga terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 cm. Selain rumah-rumah terendam banjir, sejumlah tanaman padi ladang dan tanaman warga diskeitar RSS banyak yang terendam banjir.

Banjir yang melanda dua kelurahan yang mayoritas bersatus PNS ini mendapat respons dari camat Baturaja Timur, Mirdaili SSTP MSI yang langsung menyalurkan bantuan berupa mie , air mineral dan nasi bungkus di Kelurahan Baturaja Permai.

Tak lama kemudian Bupati OKU Drs H Yulius Nawawi dan Ketua DPRD OKU Drs HM Nasir Agun MBA juga datang ke lokasi dan menyalurkan bantuan sembako dan nasi bungkus.

Like Folder